Yeimo : menulis merawat peradaban umat manusia

  • Whatsapp
Koordinator Kosapa Hengky Yeimo saat memberikan materi kepada Mahasiswa Mee di Jayapura - DOC. KOSAPA
Koordinator Kosapa Hengky Yeimo saat memberikan materi kepada Mahasiswa Mee di Jayapura - DOC. KOSAPA

Jayapura, Kosapa – Koordinator Komunitas Sastra (Kosapa) Hengky Yeimo, yang juga tampil sebagai pembicara mengemukakan, anak muda Papua harus belajar menulis. Sebab menulis adalah aktivitas intelektual mengasah kemampuan diri sekaligus ikut merawat peradaban umat manusia.

“Menulis adalah cara mengawasi jalannya sebuah rezim. Melalui aktivitas menulis seseorang dapat memberi masukan, kritik dan tawaran solusi demi perbaikan ke arah yang lebih baik. Menulis kerap menjadi cara menentang ketidakadilan yang terjadi di tengah masyarakat,” katanya kepada Kosapa belum lama ini.

Yeimo mengatakan, berdasarkan hasil koleksi buku-buku Papua yang dilakukan Komunitas Sastra Papua bahwa. Penulis buku dari berbagai bidangkehidupan seperti, ekonomi, pendidikan, politik, pertanian, pangan, adalah orang [Suku] Mee.

“Di Papua penulis buku terbanyak adalah orang Mee. Kita semua anak muda Mee harus meneruskan jejak para senior yang sudah menghasilkan karya tulis berupa buku. Banyak persoalan di Papua dengan mudah diamati lalu dijadikan bahan tulisan untuk mencerahkan publik. Misalnya, masalah pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan politik hukum dan hak asasi manusia,” ujar Henky Yeimo, yang juga jurnalis Jubi.

Ketua IPPMMEE Apniel Doo menjelaskan, seminar bertujuan menambah pengetahuan para anggota mengingat ilmu dan pengalaman di sekolah atau kampus belum menjadi garansi kualitas anggota. Selain itu, ia mengajak rekan-rekannya sesama asal Meepago terjun dalam organisasi ekstra universitas sebagai wadah menempah diri dan melatih kemampuan diri.

“Organisasi ekstra kampus juga memberi ruang setiap mahasiswa dari berbagai kampung saling mengenal satu sama lain melalui kegiatan organisasi sekaligus melatih diri menjadi calon pemimpin di masa akan datang,” ujar Apniel Doo.

 

Berikan Komentar Anda